Indonesia Fokus pada Energi Terbarukan

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Indonesia Fokus pada Energi Terbarukan

Indonesia Fokus pada Energi Terbarukan

Posted in : Blog on by : RHIN-B

Indonesia merupakan salah satu penghasil emisi terbesar di Asia gas rumah kaca, perubahan penggunaan lahan dan deforestasi penyebab utama. Industri, listrik, dan sektor transportasi mendominasi emisi karbon dioksida yang berhubungan dengan energi di Indonesia. Jika Indonesia terus di saat jalur konsumsi energi, itu akan melepaskan emisi gas rumah kaca yang hampir tiga kali lipat jumlah saat ini pada tahun 2025.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi perubahan iklim dan telah mengumumkan bahwa negara itu akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020. Bahan bakar fosil mendominasi pasokan energi negara. Untuk mengurangi dampak lingkungan lokal dan diversifikasi campuran bahan bakar sebagai lindung nilai terhadap volatilitas harga bahan bakar fosil, pemerintah meluncurkan program untuk mengembangkan 10.000 megawatt kapasitas pembangkit pada tahun 2014 melalui program energi terbarukan terutama.

Sejalan dengan program pemerintah, Rencana KKP Investasi untuk Indonesia mengusulkan pendanaan bersama KKP sebesar $ 400 juta untuk mendukung tujuan Indonesia yang menyediakan 17 persen dari total penggunaan energi dari energi terbarukan dan meningkatkan efisiensi energi sebesar 30 persen pada tahun 2025. Secara khusus, Rencana Investasi mengusulkan pembiayaan KKP untuk dua bidang: skala-up dari tenaga panas bumi skala besar dan percepatan inisiatif untuk mempromosikan energi terbarukan (terutama dari biomassa) dan efisiensi energi. Investasi KKP akan memobilisasi pembiayaan hingga $ 2700000000 dari pemodal multilateral, BUMN, dan sektor swasta.

Hasil yang Diharapkan: Indonesia akan mempercepat penggunaan energi terbarukan dengan mendirikan dana pertama pengurangan risiko eksplorasi panas bumi dan mengembangkan kapasitas teknis melalui pertukaran dengan negara-negara kekuatan penghasil panas bumi besar lainnya. Kemajuan ini sedang dimungkinkan oleh bantuan KKP untuk persiapan proyek.

Sumber: http://www.climateinvestmentfunds.org/cif/node/3344

Comments

comments