Kenali Yuk Jenis Pisang di Indonesia

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Kenali Yuk Jenis Pisang di Indonesia

Kenali Yuk Jenis Pisang di Indonesia

Posted in : Blog on by : RHIN-B

Tanaman pisang dibudidayakan untuk diambil manfaatnya bagi kesejahteraan hidup masyarakat indonesia. Jenis-jenis pisang di Indonesia jumlahnya mencapai ratusan ada yang menyebut 300 jenis pisang, namun secara umum, komsumsi pisang di Indonesia masih bisa di bilang kurang, karena masih ada stigma “Buah Orang Miskin,” berbeda jika sudah di olah menjadi makanan olahan, sementara orang Amerika mengkomsumsi pisang dalam jumlah banyak, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pemerintah Amerika mengimpornya. Secara garis besar jenis-jenis yang laku di pasaran adalah sebagai berikut:

Pisang Ambon Kuning
Pisang Ambon Kuning
Pisang ini berkulit kuning keputihan. Keunggulannya terletak pada rasa buah yang manis dan beraroma harum. Tanaman ini pertama kali dikembangkan di daerah Malang, Jawa Timur. Panjang buahnya antara 15-20 cm. Satu pohon dapat menghasilkan 7-10 sisir dengan jumlah buah 100-150. Bentuk buah melengkung dengan pangkal meruncing. Daging buah berwarna putih kekuningan. Umumnya buah pisang ini tidak mengandung biji. [1]

Pisang Ambon Lumut
Pisang Ambon Lumut
Ada juga yang menyebutnya Pisang Hijau. Warna kulit buah pisang ambon lumut pada waktu matang hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis enak dan aromanya kuat. Berat per tandan mencapai 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-20 cm dengan diameter 3-3,5 cm.


Pisang Ambon Putih
Pisang ambon putih pada saat matang berwarna kuning keputihan dengan warna daging buah putih sampai putih kekuningan. Rasa daging buahnya manis sedikit asam dan aromanya kuat. Selain sebagai buah meja, pisang ambon digunakan sebagai makanan pada bayi. Berat tiap tandanya 15-25 kg terdiri dari 10-14 sisir. Setiap sisir terdiri dari 14-24 buah dengan panjang 15-20 cm dan diameter 3,5-4 cm.

Pisang Cavendish
Sumber Gambar : kadi.kemendag.go.id

Pisang Cavendish
Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, namun di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Sekilas, pisang Ambon dan pisang Cavendish memiliki penampilan serupa, baik dari segi bentuk, ukuran, cita rasa, mau pun aroma. Pisang Cavendish sangat populer karena rasanya yang khas. Waranya biasanya kuning cerah. Istimewanya, pisang ini tidak mudah rusak sebab kulitnya cukup tebal. Meski demikian, tak sedikit orang berpendapat bahwa pisang Ambon memiliki cita rasa lebih manis dibandingkan jenis pisang Cavendish. Pisang Cavendish lebih mudah ditemukan di supermarket atau pasar modern. Ditinjau dari nilai gizinya, pisang Ambon dan pisang Cavendish memiliki komposisi kandungan nutrisi yang relatif sama per gramnya.

Pisang Tanduk
Pisang Tanduk
Pisang tanduk ukuran buahnya besar dan bentuknya menyerupai tanduk. Oleh karenanya, dikenal dengan nama pisang tanduk. Bila matang warna kulit buahnya cokelat kemerahan dan berbintik-bintik. Warna daging buahnya putih kemerahan. Pisang jenis ini cocok untuk olahan. Berat setiap tandanya 7-10 kg terdiri dari tiga sisir dan setiap sisirnya 10 buah.

Pisang Kepok
Pisang Kepok
Pisang kepok di Filipina dikenal sebagai pisang saba, sedang di Malaysia dikenal dengan nama pisang nipah. Buahnya enak dimakan setelah diolah terlebih dahulu. Bentuk buahnya agak pipih sehingga kadang disebut pisang gepeng. Berat per tandan dapat mencapai 14-22 kg dengan jumlah sisir 10-16, setiap sisir terdiri dari 12-20 buah. Bila matang warna kulit buahnya kuning penuh. Pisang kepok banyak jenisnya. Yang terkenal antara lain pisang kepok kuning. Pisang kepok putih warna dagingnya putih dan pisang kepok kuning warna dagingnya kuning.pisang kepok kuning mempunyai rasa yang lebih enak disbanding pisang kepok putih. Karenanya, pisang kepok jenis kuning lebih disukai.

Pisang Raja Bulu
Pisang raja bulu tergolong sebagai buah yang dapat digunakan sebagai buah meja dan buah olahan. Daging buahnya agk tebal, rasanya manis, aromanya kuat. Pada waktu matang wartna kulit kuning berbintik-bintik cokelat. Warna daging putih kemerahan. Berat setiap tandannya 7-10 kg. terdiri dari 6-7 sisir, dan setiap sisirnya 10-15 buah. Panjang buahnya 25-35 cm dan diameterny 6-6,5 cm. konon pisang raja bulu yang dikukus dan dimakan dengan madu dapat menguatkan jantung.

Pisang Raja Sere
Pisang raja sere dikenal sebagai pisang meja ukuran buahnya kecil dengan panjang buah 10-15 cm dan diameter 3-4 cm berat pertandan 10-14 kg, jumlah sisir 5-9, dan tiap sisir terdiri 12-16 buah. Pada waktu matang warna kulitnya kunig kecoklatan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Kulit buahnya tipis, warna daging buahnya putih, rasanya manis, dan aromanya harum.

Pisang Mas
Pisang ini bentuk buahnya kecil-kecil dengan panjang 8-12 sm dan diameternya 3-4 cm. Berat per tandanya 8-12 kg terdiri dari 5-9 sisir. Setiap sisirnya 14-18 buah. Pisang mas bila matang berwarna kuning cerah. Kulit buahnya tipis, rasanya sangat manis, dan aromanya kuat. Konon pisang mas dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning.

Pisang Nangka
Warna kulit pisang nangka saat matang adalah hijau. Rasa buahnya asam manis. Pisang jenis ini hanya digunakan untuk olahan. Berat per tandan 11-14 kg terdiri dari 6-8 sisir, dan tiap sisir terdiri dari 14-24 buah. Panjang buah 24-28 cm dengan diameter 3,5-4 cm.

Sumber:

  • http://pisangrajamonyet.blogspot.co.id/2013/12/jenis-jenis-pisang-di-indonesia.html?showComment=1442453388378#c1706649194536008013
  • http://www.parenting.co.id/keluarga/beda+pisang+ambon+dan+pisang+cavendish
  • http://khasiatbuahpisang.blogspot.co.id/2012/11/si-nikmat-dan-sehat-pisang-cavendish.html

Comments

comments