Mengapa Bambu – Bambusa balcooa

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Peluang Bisnis
  6. /
  7. Produk Kami
  8. /
  9. Mengapa Bambu – Bambusa balcooa

Mengapa Bambu – Bambusa balcooa

Posted in : Blog, Peluang Bisnis, Produk Kami on by : RHIN-B

Siapa yang tak kenal pohon bambu? Kita bisa melihatnya dimana-mana di Indonesia. Bahkan bambu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia bahkan makhluk hidup lainnya. Bambu adalah tanaman tercepat pertumbuhannya di dunia, Beberapa spesies bambu tercatat memiliki kecepatan tumbuh lebih dari 90 cm/hari! Sekitar 3.8 cm/jam. Bambu adalah penyeimbang oksigen dan karbondiokasia, Bambu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen 30% – 35% lebih banyak ke atmosfer dibandingkan dengan pohon-pohon pada umumnya. [1].

Prospek industri bambu sangat menjanjikan dimana saat ini pemanfaatan bambu tidak lagi terbatas pada kerajinan tangan dan industri kecil lainnya, melainkan telah meluas sampai kepada pembangunan infrastruktur dan sumber energi terbarukan. Bambu dapat menjadi panel, lantai, bio-fuel, furnitur dan kebun bambu itu sendiri dapat menjadi lokasi carbon catchment yang memiliki nilai ekonomi. Bambu memiliki image sangat bagus yaitu bamboo is the green material. Eropa membutuhkan 700 ton bambu panel per bulan, sementara AS membutuhkan 20 juta ton per tahun. Namun demikian, bambu bagi masyarakat di Indonesia masih terbatas pada pemanfaatan tradisional dan lebih bersifat kultural[2]. Bagaimanapun juga permintaan bambu secara global tumbuh lebih cepat dari tingkat ketersediaannya. Sehingga peluang bisnis perkebunan bambu masih sangat besar dan terbuka. Regenerasi Bambu yang cepat dan berkesinambungan akan membuat Bambu sebagai alternative bahan baku atau energi terbarukan.

Bambusa balcooa

Bambusa balcooa dimanfaatkan secara ekonomis untuk:

  1. Sebagai Blok Kayu untuk Bahan bangunan, Furniture, dan Kerajinan Tangan
  2. Material untuk Pulp and Paper, Melihat dari keunggulan yang dimilikinya bambu jelas memiliki potensi besar sebagai sumberdaya serat masa depan untuk kebutuhan pulp dan kertas dengan pengaruh lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan pohon kayu keras dan lunak.[3]
  3. Biomassa, dalam industri produksi energi, merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Umumnya biomassa merujuk pada materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagai biofuel

Kami optimis bambu akan lebih prospek, saat ini kami sedang melakukan proses perbanyakan dengan teknik kultur jaringan, dan saat ini kami sudah memiliki bibit Bambusa Balcooa yang siap ditanam.
Mau pesan ? 🙂

Bambusa Balcooa (Bambu Balku)

Foto Atas: http://reforestation.me/biochar-terra-preta/
Foto Bawah: Lahan Persemaian RHIN Biotechnology, Pesantren Baitul Hidayah, Cimenyan Bandung

Kontak Pemesanan:
Rony Masri R : SMS/WA 0857-7890-0801
Lilis S Ningrum : SMS/WA 0856-7288-696
Tel. 022-5222854
email : info@rhinbiotechnology.com

Comments

comments