Peluang Bisnis Ekspor Pisang Ke Jepang Yang Menjanjikan

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Peluang Bisnis Ekspor Pisang Ke Jepang Yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Ekspor Pisang Ke Jepang Yang Menjanjikan

Posted in : Blog on by : RHIN-B

Bisnis.com, JAKARTA – Atase Perdagangan RI di Jepang Julia menilai, bisnis impor produk pisang Cavendish sangat menjanjikan di pasar Jepang. Alasannya, pasokan pisang yang selama ini banyak diimpor dari Filipina mulai berkurang karena negara tersebut sering mengalami bencana alam angin topan dan banjir, sehingga berpengaruh besar terhadap produksi buahnya.

Saat ini, total konsumsi buah di negeri Sakura tersebut tercatat mencapai 5,4 juta ton per tahun, dan 1,8 juta ton di antaranya merupakan buah impor. Dari total volume buah impor tersebut, impor buah pisang memberikan dominasi tertinggi dengan volume impor sebesar 1 juta ton per tahun dan nanas sebanyak 200.000 ton per tahun. Dua buah tersebut berkontribusi terhadap 66,67% total impor buah di Jepang.

Nilai ekspor buah pisang dan nanas asal Indonesia ke Jepang pada 2015 diperkirakan mencapai US$15 juta. Produk ekspor Indonesia tersebut harus bersaing dengan brand impor yang selama ini banyak dikonsumsi di sana seperti Dole, Sumifru, Delmonte, dan Chiquita.

Sama halnya dengan pisang, dominasi buah asal Filipina juga mendominasi pasar Jepang. Kendati demikian, saat ini Indonesia sudah mulai mengekspor nanas ke Jepang dengan pangsa pasar sekitar 20%. Kinerja ekspor pada dua jenis buah tersebut diharapkan akan diikuti produk-produk buah lainnya.

Sumber: http://industri.bisnis.com/

Comments

comments